Jumat, 11 Januari 2019

Bijak menggunakan Sosial Media

Sosial Media
Sumber: Pinterest

Sosial media merupakan media untuk bersosialisasi secara online. Sosial media ini memberikan kemudahan untuk saling berkomunikasi, serta berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dibalik kemudahan yang diberikan, sosial media memiliki kekurangan dan kelebihan yang patut kita pahami sebagai penggunanya. Setelah memahami itu semua maka kita sebagai pengguna sebaiknya mampu menggunakannya secara bijak. Lalu sesungguhnya bagaimanakah menggunakan sosial media secara bijak tersebut?

Komunikasi
Sumber: Pinterest


Pertama, gunakan sosial media sebagai media untuk menjalin komunikasi dengan teman. Tak bisa ditampik lagi, kehadiran sosial media sangat berguna untuk menjalin komunikasi dengan teman lama, teman yang lokasinya jauh. Sosial media menawarkan kemudahan dalam hal ini. Beberapa kasus saya alami sendiri, saya mampu bertemu dengan teman yang sudah lama tidak bertemu berkat sosial media. Dan juga saya tetap bisa menjalin komunikasi dengan teman yang berbeda kota dengan saya. Sangat memudahkan bukan?

Kedua, menyaring/memfilter informasi yang di dapat. Sosial media tidak hanya menawarkan kemudahan berkomunikasi, tetapi juga memudahkan pengguna untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang dicari. Sebagai pengguna yang baik, setiap informasi yang kita dapat tentu tidak untuk ditelan mentah-mentah. Informasi yang di dapat sebaiknya dikonfirmasi dahulu kebenarannya agar tidak terjadi bias informasi sehingga segala macam informasi yang di dapat benar-benar menjadi informasi yang akurat sesuai dengan fakta.


Interaksi
Sumber: Pinterest

Ketiga, memposting hal-hal yang berguna dan bukan hoax. Selain mampu mendapatkan informasi dari sosial media, siapapun penggunanya mampu membagikan informasi yang dimilikinya. Disini kita sebagai pengguna harus sangat bijak dalam membagikan informasi ke sosial media. Informasi yang dibagikan sebaiknya terbukti kebenarannya, bukan hoax, tidak memposting konten yang negatif.

Keempat, tidak mengunggah informasi yang bersifat pribadi. Bijak disini yaitu berhati-hati menggunakan sosial media, tidak membagikan informasi yang bersifat pribadi karena dengan membagikan informasi yang bersifat pribadi karena dengan membagikan informasi yang bersifat pribadi mungkin saja dapat membahayakan diri kita sendiri.

Kelima, hindari hal-hal yang bersifat negatif. Hal-hal yang negatif contohnya hal yang mungkin saja hanya dapat menurunkan motivasimu untuk beraktivitas normal. Selain itu, tidak memberikan komentar negatif juga merupakan bijak dalam menggunakan sosial media.

Selain hal diatas, terdapat hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam menggunakan sosial media yaitu berinteraksi secukupnya di sosial media, tetap berinteraksi dengan teman di dunia nyata. Sosial media hanya memudahkan dalam hal berkomunikasi dan jangan dijadikan acuan untuk tidak bersosialisasi dengan dunia nyata.

Dibalik semua kelebihan pastilah ada kekurangan, maka bijaklah dalam menggunakan sosial media. Gunakan seperlunya, dan tidak menjadi individu yang “kecanduan” dalam menggunakan sosial media. Perlu diingat juga, segala hal yang kita lakukan di sosial media telah diatur dalam UU ITE maka berhati-hati dan bijaklah menggunakan sosial media agar penggunaannya sesuai dengan UU ITE tersebut. 

2 komentar:

  1. wah bahaya banget ya kalau kita sampe kecanduan medsos

    BalasHapus
  2. bisa rusak otak kita ya kak, kalo kecanduan medsos. hiiii serem

    BalasHapus