Jumat, 30 November 2018

Cepat dan Mudah menulis Sitasi dan Daftar Pustaka dengan Mendeley


Sebelum menggunakan aplikasi Mendeley untuk mempermudah penulisan sitasi dan daftar pustaka dalam karya ilmiah kamu, ada baiknya mengenal lebih dekat dengan Mendeley. Ingat kata pepatah! “Tak Kenal maka Tak Sayang” So, kalau kamu belum mengenal Mendeley, kamu bisa mengenalnya lebih dulu dengan membaca artikel saya berikut ini (click here). Pada artikel tersebut, saya deskripsikan sedikit mengenai Mendeley dan Zotero dan juga saya sertakan link untuk mendownloadnya.

Bagi saya Mendeley memiliki keunggulan yaitu user friendly, mudah digunakan untuk penggunanya dari semua kalangan, baik peneliti, dosen, maupun mahasiswa.  Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut tutorialnya.


  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan pastilah mendownload dan menginstall Mendeley pada PC kamu, setelah itu lakukan Register menggunakan email lalu Sign In.
    Register Mendeley


  2. Setelah melakukan langkah pertama, maka akan muncul kotak dialog seperti berikut. Itu artinya Mendeley sudah terhubung dengan Microsoft Office Word dan siap digunakan.Mendeley dengan MS Word
    Selanjutnya, buka Microsoft Office Word. Nah, Microsoft Office Word yang telah terhubung dengan Mendeley, akan terlihat seperti pada gambar berikut.



  3. Langkah selanjutnya, buka aplikasi Mendeley yang sudah kamu download dan install tadi. Lalu kamu masukkan saja sumber-sumber rujukan yang ingin kamu kutip ke Mendeley, seperti e-book, e-journal. Cara memasukkanya? CTRL+C pada dokumen, lalu CTRL+V pada Mendeley.

    Tips mudah! Untuk setiap sumber rujukan yang kamu gunakan, buat menjadi satu folder. Hal ini akan lebih mempermudah kamu dalam hal manajemen sumber rujukan yang kamu gunakan.
    Membuat Folder

  4. Setelah membuat folder, dan memasukkan sumber-sumber rujukan tadi, maka akan terlihat seperti gambar berikut.



    Kotak dialog disebelah kanan yang terlihat kosong itu memiliki fungsi yaitu akan menampilkan metadata dari sumber informasi yang kamu rujuk, seperti pada gambar berikut. Pada bagian itu kamu juga bisa mengeditnya, apabila pengindeksannya tidak sesuai. Contohnya, pada gambar tersebut pada bagian volumenya kosong, kamu bisa mengisinya. Tapi yang harus diingat! Isi berdasarkan fakta yang ada, jangan dibuat-buat atau kalau memang tidak ada, tidak perlu diisi ya😀😀



  5. Nah sebelum mengutip, kamu pastikan gaya sitasi yang ingin kamu gunakan. Untuk bodynote, biasanya saya menggunakan gaya sitasi American Physological Association dan untuk penggunaan footnote, bisa dengan menggunakan gaya sitasi Chicago Manual of Style 17th Edition (full note).
    Untuk menentukan gaya sitasi yang akan digunakan, klik View, Citation Style, lalu tentukan sitasi yang akan digunakan.

    Citation Style
    Hasilnya akan terlihat seperti ini.

    Tampilan Citation Style
  6.  Selanjutnya buka Microsoft Office Word, klik References, klik Insert Citations. Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut. Ketikkan nama penulis, atau judulnya, lalu klik OK.
    Atau klik Go to Mendeley.



    Klik pada sumber rujukan, lalu klik Cite, maka akan langsung menampilkan hasil seperti berikut. Hal yang sama juga berlaku untuk footnote.






  7. Untuk daftar pustaka, hanya perlu klik Insert Bibliography. Maka Mendeley akan otomatis menuliskan daftar sumber rujukan yang tadi sudah dikutip.


Bagaimana? Mudah kan? Masih mau menulis sitasi dan daftar pustaka secara manual?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar