Senin, 14 Januari 2019

Menghadirkan Kenyamanan untuk Pemustaka dengan Pengudaraan yang Baik


Sumber: Google+

Perpustakaan harus mampu memenuhi kenyamanan pengguna. Kenyamanan pengguna merupakan salah satu indikator untuk mencapai kepuasan pemustaka. Kenyamanan pengguna salah satunya dapat diukur dari pengudaraan ruangan. Pengudaraan ruangan perpustakaan sebaiknya diatur agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembap untuk pemustaka.


Pengudaraan untuk sebuah ruang perpustakaan sebaiknya diatur dalam rentang suhu 20-24 derajat celcius dengan kelembapan 40-60%. Iklim Indonesia yang tropis membuat keadaan suhu tersebut sangat sulit untuk dicapai. Pengudaraan ini ada dua jenis, yakni jenis pengudaraan alami dan buatan.

Pengudaraan alami dapat diupayakan melalui jendela atau lubang ventilasi. Jendela atau lubang ventilasi ini memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik. Selain itu lubang ventilasi ditempatkan berseberangan, agar terjadinya sirkulasi udara yang menyilang sehingga udara yang ada di dalam ruang perpustakaan memberikan kenyamanan untuk pengguna. Selain itu ventlasi sebaiknya juga ditempatkan dibagian atas, hal ini akan memungkinkan udara yang suhunya lebih dingin akan cenderung turun ke bawah. 

Pengudaraan buatan dapat diupayakan dengan memanfaatkan kipas atau exhaust van. Kipas angin atau exhaust van ini akan membantu terjadinya pertukaran udara yang ada di dalam ruangan. Hal lain yang dapat dimanfaatkan yakni dengan menggunakan AC (Air Conditioner). Penggunaan AC merupakan salah satu alternatif untuk memudahkan mengatur suhu udara pada ruangan agar mencapai suhu udara yang diinginkan.

Selain hal tersebut diatas, perabot atau benda yang ada di dalam ruangan juga perlu menjadi perhatian agar penempatan benda tersbut tidak menghalangi aliran angin baik melalui pengudaraan alami (jendela/ventilasi) maupun dengan pengudaraan buatan (kipas angin atau exhaust van, serta AC). Selanjutnya apabila diperlukan untuk melakukan penyekatan ruangan, hal tersebut jangan sampai menghalangi aliran angin agar kondisi ruangan tetap pada suhu yang tidak terlalu panas atau tidak terlalu lembap. 

Salah satu perpustakaan yang telah menerapkan sistem pengudaraan yang baik salah satunya adalah Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Perpustakaan ini terletak di Jl. Gandaria Tengah V no.3, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasi perpustakaan ini tepat berada di samping Kantor Lurah Kramat Pela.


Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan ini memiliki dua lantai. Lantai satu diperuntukkan untuk layanan sirkulasi, ruang kerja pustakawan dan staff, loker, serta ruang koleksi anak. Sedangkan pada lantai dua terdapat ruang koleksi, ruang membaca, ruang referensi.

Pengudaraan pada ruangan di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan sudah baik mengacu pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum PNRI. Pengudaraan pada perpustakaan ini menggunakan pengudaraan buatan dengan AC. Peletakkan perabotan ataupun benda-benda yang ada seperti rak buku pun, tidak menghalangi pengudaraan.

Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan memberikan kenyamanan dari segi pengudaraannya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung anak sekolah yang memilih belajar bersama teman-temannya maupun mengerjakan PR di perpustakaan. Selain itu banyak juga dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum yang menjadikan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai tempat untuk membaca sambil bersantai karena kenyamanan yang dihadirkan oleh perpustakan ini. 

Tidak hanya koleksi, pengudaraan untuk ruang perpustakaan juga harus menjadi perhatian setiap pustakawan dan staff pada perpustakaan tersebut, karena hal ini berhubungan dengan kenyamanan pengguna. Pengguna akan nyaman apabila suasana yang dihadirkan di dalam perpustakaan juga nyaman. 
 
Selain pengudaraan, terdapat aspek lain yang juga perlu diperhatikan untuk kenyamanan pengguna sesuai dengan Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum PNRI, yakni:

1 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus