Selasa, 15 Januari 2019

Ada Berapa Jalur Seleksi Masuk UIN Jakarta, ya? Yuk Intip!


UIN Jakarta
Sumber: Quipper


UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan perguruan tinggi Islam terbesar di Indonesia. Peneliti dari berbagai dunia menjadikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai referensi utama dalam melihat Islam di Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki motto Knowledge, Piety, Integrity, yakni menggabungkan aspek-aspek keislaman, keilmuan, kemanusiaan, kemodernan, dan keindonesiaann, dan akan terus menjembatani kesenjangan dan dikotomi anatar ilmu keislaman dan ilmu umum.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terus melakukan pengembangan ilmu pengetahuan yang berlandaskan nilai-nilai moral dan spiritual keagamaan. Saat ini pun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terus berkembang hingga menjadi World Class University.


Dari semua yang ditawarkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, apakah sulit untuk bisa menjadi bagian dari mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta? Hal tersebut tentu tidaklah mudah, namun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar melalui berbagai jalur masuk, diantaranya:


Pertama, melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi). Seleksi ini berdasarkan hasil prestai akademik dengan menggunakan jalur rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagai SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun. Selanjutnya bagi siwa SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, maka menyertakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) disertai dengan portofolio akademik.


Kedua, calon mahasiswa dapat mendaftar melalui jalur SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTKIN. Pada prinsipnya jalur SPAN-PTKIN memiliki kesamaan dengan jalur SNMPTN, tetapi seleksi jalur masuk SPAN-PTKIN hanya dilaksanakan oleh UIN/IAIN/STAIN dan diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.


Ketiga, jalur masuk SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan jalur masuk dengan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kombinasi keterampilan calon Mahasiswa. Pada seleksi ini tidak menggunakan rapor seperti pada jalur masuk SNMPT atau SPAN-PTKIN.


Keempat, jalur masuk UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). Sederhananya, jalur seleksi masuk ini merupakan gabungan dari sistem SBMPTN dan SPAN-PTKIN. Seleksi masuk menggunakan UTBC atau UTBK dengan pelakasanaan oleh UIN/IAIN/STAIN dan diselenggarakan oleh Panitia Pelaksan yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.


Kelima, SPMB Mandiri adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru secara tertulis yang diselenggarakan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Proses pendaftaran hingga pelaksanaan tes maupun penentuan kelulusan dilaksanakan oleh panitia lokal di lingkungan UIN Syari Hidayatullah Jakarta. Pada seleksi masuk ini terdapat tiga piihan paket, yakni paket A, paket B, dan paket C.

Dengan begitu banyaknya jalur masuk yang ditawarkan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, apakah kamu masih ragu? Buang jauh-jauh deh, karena berdasarkan pengalaman saya studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, motto dari universitas ini benar-benar dilaksanakan yaitu menyelaraskan dan menggabungkan antar ilmu pengetahuan dengan spiritual keagamaan

Untuk lebih jelasnya kamu dapat mengunjungi website resmi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  https://www.uinjkt.ac.id/

4 komentar:

  1. banyak juga ya jalur masuk ke kampus uin jakarta

    BalasHapus
  2. Semoga informasi yg sudah dijabarkan di atas dapat berguna untuk yang mau masuk UIN ya... Terimakasih sudah membuat tulisan seperti ini :)

    BalasHapus
  3. Mau tanya, untuk spmb mandiri itu menggunakan nilai rapot atau ujian tulis? Makasih

    BalasHapus