Rabu, 16 Januari 2019

Program Studi Apa Aja yang Ada di Fakultas Adab dan Humaniora?


 
Sumber: lpminstitut.com

Fakultas Adab dan Humaniora yang saat ini menempati gedung baru berlokasi di Jl. Tarumanegara Dalam, Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu fakultas tertua di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Adab dan Humaniora memiliki lima program studi yang akan menjadi pembahasan saya kali ini.




Program studi yang pertama yakni Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Program studi ini telah ada sejak awal berdirinya FAH UIN Jakarta. Program studi BSA memliki tujuan yakni mencetak alumni yang berakhlak mulia dan memiliki kualitas tinggi dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab. Seseorang yang memiliki minat khusus untuk mengetahui budaya Arab melalui bahasa dan kesusastraannya serta ingin mengetahui hubungannya yang sangat kuat dengan budaya Islam Nusantara akan cocok dengan prodi ini. Mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Arab memiliki kesempatan yang besar untuk menjalani program pertukaran ke universitas-universitas di Timur Tengah.


Program studi kedua yang ada di Fakultas Adab dan Humaniora yaitu program studi Sejarah Peradaban Islam. Tujuan dari program studi Sejarah Peradaban Islamm yaitu menghasilkan lulusan yang unggul dan ahli dalam bidang sejarawan atau pekerja pariwisat profesional. Untuk itu maka mereka akan dibekali kompetensi yang mumpuni. Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam berakreditasi A oleh BAN-PT, berlaku 5 (lima) tahun terhitung sejak tahun 2017.


Selanjutnya program studi yang ketiga yakni program studi Tarjamah, yang memiliki tujuan menghasilkan sarjana yang memiliki keterampilan profesional di bidang penerjemahan yang dijiwai oleh ajaran-ajaran dan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan. Program studi Tarjamah mengharapkan mahasiswa lulusan prodi ini dapat menjadi penerjemah Bahasa Arab-Indonesia atau sebaliknya, menjadi penulis yang mampu mengungkapkan ide dan gagasan melalui karya tulis yang layak terbit serta mampu mengelola dan melakukan proses penerbitan.


Program studi keeempat yaitu program studi Bahasa dan Sastra Inggris. Program studi ini mulai dirintis pada tahun 1999/2000 dan secara resmi memiliki izin operasionalnya pada tahun 2000/2001. Program studi ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang Bahasa dan Sastra Inggris. Meskipun Bahasa dan Sastra Inggris terbilang program studi baru di Fakultas Adab dan Humaniora, namun program studi ini menerapkan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa lulusan prodi ini.


Program studi yang terakhir yaitu program studi Ilmu Perpustakaan. Prodi ini memiliki status akreditasi A oleh BAN-PT, terhitung 5 (lima) tahun sejak tahun 2017. Program studi Ilmu Perpustakaan memiliki tujuan yaitu menghasilkan sarjana strata satu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang inovatif dan responsif terhadap perubahan sosial serta berakhlak mulia. Program studi ini mengharapkan lulusannya memiliki kompetensi-kompetensi yang mampu bersaing dengan mahasiswa dari universitas lain.


Banyak sekali hal yang bisa kamu ketahui tentang kelima jurusan tersebut, untuk itu kamu bisa melihatnya lebih lanjut pada link berikut ini. http://fah.uinjkt.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar