Selasa, 15 Januari 2019

Perpustakaan atau Rumah Ibadah?


Masjid Jakarta Islamic Centre
Sumber: simas.kemenag.go.id


Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis perpustakaan, yakni Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Umum, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Perpustakaan rumah ibadah termasuk ke dalam jenis perpustakaan khusus. Mengapa? Karena koleksi yang ada di perpustakaan rumah ibadah bersifat khusus bidang keagamaan dan pemustakanya diprioritaskan jamaah dan masyarakat sekitar rumah ibadah. Perpustakaan rumah ibadah memiliki jenis kegiatan dan fungsi yang sama dengan perpustakaan pada umumnya, perpustakaan ini dikelola oleh rumah ibadah itu sendiri.

Salah satu perpustakaan rumah ibadah yang berada di Jakarta yaitu Perpustakaan Masjid Jakarta Islamic Center atau yang dikenal dengan Perpustakaan JIC. Perpustakan ini berlokasi di Jl. Kramat Jaya, Koja, Jakarta Utara berada di dalam satu kompleks Masjid Jakarta Islamic Centre Gedung Sosial Budaya. Perpustakaan JIC ini membuka layanan setiap hari, kecuali hari libur nasional. Perpustakaan ini ramai dikunjungi, pemustaka yang hadir biasanya anak-anak sekolah maupun peneliti.


Perpustakaan JIC


Jakarta Islamic Centre sendiri memiliki visi misi yakni sebagai pusat peradaban Islam. Maka Perpustakaan JIC memiliki peranan yang sangat penting untuk mencapai visi misi tersebut. Selaras dengan hal itu, maka Perpustakaan JIC menerapkan sistem pelayanan terbuka agar para pemustaka yang datang dapat menelusur langsung informasi yang dicari. Koleksi yang ada di Perpustakaan JIC diantaranya buku, koleksi audio visual, koleksi referensi.



Saat memasuki Perpustakaan JIC pemustaka akan langsung disambut dengan miniatur gedung Jakarta Islamic Centre serta Al-Qur’an yang mengidentikkan bahwa Perpustakaan JIC adalah perpustakaan rumah ibadah. Selanjutnya pada Perpustakaan JIC juga terdapat Betawi Corner, serta berbagai koleksi audio visual. Dibalik itu semua tentulah Perpustakaan JIC sebagai perpustakaan rumah ibadah memiliki koleksi khusus keagamaan.






Hal yang menarik disini adalah Perpustakaan JIC sangat eksis dikalangan masyarakat sekitar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pemustaka yang mengaku berasal dari daerah di sekitar Perpustakaan JIC. Perpustakaan JIC ini ramai dikunjungi oleh anak-anak dengan rentang usia 6-12 tahun. Diantara anak-anak tersebut ada yang ingin belajar bersama, mengerjakan tugas sekolah, ada juga yang memanfaatkan koleksi digital dengan menonton film keagamaan hingga sains pada komputer yang telah disediakan.


 
    
Kehadiran Perpustakaan JIC sangat berarti untuk masyarakat sekitar, tidak hanya menyediakan koleksi khusus keagamaan, Perpustakaan JIC juga menyediakan koleksi audio visual, serta berbagai koleksi buku dengan berbagai macam klasifikasi, seperti karya umum, sains, dll.

Keberadaan perpustakaan rumah ibadah menjadi semakin terkenal dan dibutuhkan di kalangan masyarakat. Perpustakaan rumah ibadah ini menjadi tempat atau menjadi wadah untuk masyarakat mencari infomasi yang dibutuhkan baik dalam bidang ilmu pengetahuan umum maupun khusus keagamaan. Masyarakat semakin yakin bahwa perpustakaan rumah ibadah juga mampu memberikan pelayanan yang sama dengan perpustakaan pada umumnya. So, yuk berkunjung ke perpustakaan rumah ibadah. Satu lagi! Perpustakaan rumah ibadah bukan hanya Perpustakaan JIC, tetapi juga ada Perpustakaan Masjid Istiqlal dan Perpustakaan Masjid Raya Pondok Indah. Yuk yuk yuk ke perpustakaan rumah ibadah!
 

3 komentar: