Rabu, 16 Januari 2019

Mengenal LPM (Lembaga Penjamin Mutu) UIN Jakarta.


Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan lembaga yang bertugas untuk menjamin serta meningkatkan mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. LPM UIN Jakarta memiliki visi yakni lembaga akselerasi sistem peningkatan dan penjaminan mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memastikan kepuasan lulusan dan stakeholders. Lalu bagaimana LPM UIN Jakarta mencapai visi tersebut?


Pertama, meningkatkan standarisasi output, input, dan proses perguruan tinggi. Itu artinya peningkatan standarisasi output, input, dan proses perguruan tinggi membuat LPM UIN Jakarta, agar menggunakan strategi yang tepat, efektif dan efisien untuk meningkatkan itu semua.


Kedua, meningkatkan dan memastikan kualitas dosen, mahasiswa, kurikulum, pembelajaran, fasilitas belajar, dan iklim ilmiah/riset. LPM UIN Jakarta juga berperan untuk memonitoring kualitas dosen yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu LPM UIN Jakarta juga berperan memonitoring kualitas mahasiswa juga menjadi tolak ukur nama baik universitas. Contohnya, mahasiswa yang tidak menjalankan dan/atau melanggar kode etik mahasiswa.


Tidak hanya dosen dan mahasiswa, kurikulum yang diterapkan di UIN Jakarta juga menjadi perhatian. Apakah proses pembelajarn di kelas sudah selaras dengan kurikulum yang berlaku? Fasilitas belajar seperti proyektor, laboratorium yang dibutuhkan mahasiswa untuk praktikum, gedung dengan sarana yang baik.


Ketiga, menyelenggarakan kegiatan pengkajian, evaluasi, audit dan akreditasi program studi dan institusi. Setiap 5 (lima) tahun sekali kegiatan akreditasi diselenggarakan. LPM UIN Jakarta bertanggung jawab atas terselenggaranya kegiatan akreditasi tersebut. Sebagai informasi, UIN Jakarta mendapatkan A untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) BAN-PT periode 2018-2023.


Keempat, menyampaikan temuan hasil pengkajian dan evaluasi serta merekomendasikan kebijakan pengembangan mutu akademik dan institusi kepada pihak yang berkepentingan.


Hal diatas tersebut sangat penting bagi UIN Jakarta. Sebagai contoh akreditasi yang di dapatkan sudah sangat baik maka seluruh civitas akamedika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta harus mampu mempertahankannya. Menjaga nama baik almamater dan juga diri sendiri. Banyak hal yang dapat terus dilakukan guna menunjang agar visi dari LPM UIN Jakarta juga tercapai. Perlu adanya kerjasama diantara semua civitas akademika agar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tetap mempertahankan akreditas yang telah diraih sekarang.


Banyak hal lain yang bisa kamu ketahui mengenai LPM UIN Jakarta melalui link berikut ini.http://lpm.uinjkt.ac.id/

1 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus