Selasa, 15 Januari 2019

Berbagai Macam Koleksi yang Dimiliki Pusat Perpustakaan UIN Jakarta



Sumber:Wulan Purnamasari blog

Koleksi perpustakaan dapat diartikan sebagai bahan pustaka yang ada di perpustakaan yang diperuntukkan dan dipergunakan oleh pemustaka untuk dapat memenuhi kebutuhan informasinya. Berbeda jenis perpustakaannya maka berbeda juga jenis koleksinya. Contoh, Perpustakaan Nasional pasti memiliki jenis koleksi yang lebih banyak dan lebih beragam daripada koleksi Perpustakaan Umum Daerah atau Perpustakaan Perguruan Tinggi.
 
Pusat Perpustakaan UIN Jakarta adalah jenis perpustakaan perguruan tinggi yang koleksinya berguna untuk memenuhi kebutuhan civitas akademika UIN Jakarta itu sendiri maupun pemustaka lainnya. Jenis koleksi yang ada di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta ini diantaranya terdapat koleksi tercetak, koleksi referensi (rujukan), local content, koleksi terbitan berkala, koleksi corners dan koleksi TAF, serta koleksi games.

Pada Pusat Perpustakaan UIN Jakarta yang termasuk koleksi tercetak adalah buku. Pusat Perpustakaan UIN Jakarta memiliki 38.555 judul buku dan 100.000 eksemplar buku. Pemustaka dapat membaca di tempat buku-buku tersebut maupun meminjamnya. Satu pemustaka memiliki kesempatan meminjam maksimal 4 (empat) buku dengan jangka waktu peminjaman 1 (satu) minggu. Buku-buku yang ada di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta meliputi koleksi Islam dan koleksi umum.

Koleksi referensi (rujukan) adalah jenis koleksi yang dibutuhkan oleh pemustaka untuk mendapatkan informasi tertentu, dan hanya bagian tertentu saja yang dibaca oleh pemustak. Contoh dari koleksi referensi (rujukan) ini adalah ensiklopedia, kamus, atlas. Pusat Perpustakaan UIN Jakarta memiliki kurang lebih 172 judul, dan 421 eksemplar koleksi referensi (rujukan). Koleksi referensi (rujukan) yang terdapat pada Pusat Perpustakaan UIN Jakarta meliputi kajian tentang Islam, tafsir, hadis, serta rujukan dalam ilmu-ilmu sosial seperti pendidikan, hukum, politik, ekonomi, dan biografi tokoh.

Selanjutnya Pusat Perpustakaan UIN Jakarta juga memiliki local content atau biasa disebut dengan Koleksi UIN-ana. Koleksi ini meliputi 29.994 judul skripsi, 10.140 judul tesis, 267 judul disertasi serta 1800 judul laporan penilitian. Local Content ini merupakan deposit dari mahasiswa UIN Jakarta yang telah menyelesaikan studinya di UIN Jakarta dan sebagian kecil berasal dari hasil karya tulisan alumni McGill University.

Koleksi terbitan berkala (serial) yang ada Pusat Perpustakaan UIN Jakarta yakni koleksi jurnal ilmiah, majalah populer, serta suraat kabar. Koleksi jurnal ilmiah yang saat ini dimiliki oleh Pusat Perpustakaan UIN Jakarta berjumlah 618 eksemplar dengan koleksi majalah populer berjumlah 260 eksemplar.

Selanjutnya Pusat Perpustakaan UIN Jakrta juga memiliki koleksi Corners & Koleksi hibah yang diperoleh dari Yayasan Asia Foundations sejumlah 4156 judul dengan 6157 eksemplar. Selain itu, Pusat Peprustakaan UIN Jakarta juga memiliki koleksi games yang dapat digunakan oleh pemustaka untuk hiburan dan edukasi.

Selain hal tersebut diatas, Pusat Perpustakaan UIN Jakarta juga memilliki koleksi e-resources yang termasuk di dalamnya adalah e-book dan e-journal. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi website Pusat Perpustakaan UIN Jakarta berikut ini. http://perpus.uinjkt.ac.id/

7 komentar:

  1. Beberapa waktu yang lalu saya sempat juga ke perpustakan UIN dan saya fikir apa yang dikatakan blog ini benar

    BalasHapus
  2. Seneng banget ikutin tulisan tulisan di blog ini..

    BalasHapus
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus