Selasa, 30 Oktober 2018

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Disaat Sedang Patah Semangat

 
Gambar Senyum
Sumber : Pinterest

Patah adalah saat dimana harapan-harapan yang digantungkan tidak menjadi kenyataan. Mungkin apa yang kamu rencanakan tentang kehidupanmu, sulit kamu gapai. Patah selalu berteman dengan lelah dan juga sendu sehingga menjalani hari-hari pun menjadi tidak bersemangat. Dititik inilah diri harus mulai merecharge agar tidak melulu sendu, tidak melulu terbawa suasana yang tidak menguntungkan ini. Beberapa kali kita memang dibolehkan untuk menjadi sendu, tetapi teman jangan melulu terbawa suasana. Karena seperti yang tadi aku bilang, terkadang sendu tidak membawa keuntungan apapun. Lalu bagaimana kita bisa menghadapinya? Aku akan berbagi beberapa hal yang biasa aku lakukan😃


Nikmati

Terkadang patah, lelah dan sendumu ada untuk dinikmati mungkin dengan dukungan lagu ballada, rintik hujan diluar, yang sedikit membuatmu terbawa suasana. Tetapi sekali lagi yang harus kamu ingat, bahwa apa yang sedang kamu rasakan sekarang nikmatilah sebentar saja, jangan terlalu terbawa suasana. Agar patah, lelah dan sendumu menjadi suatu pelajaran yang nantinya bisa kamu petik hikmahnya. 


Lakukan Hal Yang Kamu Senangi

Apakah sendumu adalah alasan untuk bermalas-malasan, tidak bersemangat melakukan apapun? Beberapa hal yang direncanakan bahkan jalannya akan sedikit terhambat. Tapi apapun obat sendu adalah melakukan hal yang kita senangi. Kenapa? Bukankah melakukan hal yang kita senangi membuat kita menjadi lebih bersemangat? So, kenali dirimu dan lakukan apa yang bisa membuat kamu semangat.
Gambar Bioskop
Sumber : Pinterest
Luangkan waktu untuk dirimu sendiri, contohnya kamu bisa me time dengan pergi ke bioskop seorang diri, menonton film dengan genre favorit mu sambil memakan popcorn yang sudah kamu beli. Kalau aku biasanya melakukan ini, menonton film dengan genre sad, romance sambil memakan popcorn caramel favoritku. Menangis saat scene sedih, tertawa saat scene bahagia, mengikuti alur film yang ditonton. Kamu juga bisa berkaraoke ria. Menyanyilah, luapkan, setelah keluar dari ruang karaoke lupakan apa yang membuat dirimu patah, lelah, dan sendu.
Hal lain untuk melupakan sejenak patah dan lelahmu adalah mengistirahatkan diri. Ini adalah hal termudah yang bisa dilakukan disaat diri terasa sangat lelah dan menjadi obat termujarab yang selama ini telah aku lakukan. Bukan menghindar dari apa yang ada di depan mata, tetapi istirahatkan diri untuk berhenti sejenak dan melanjutkan langkah.

Stop! Overthinking! 


Berhentilah untuk berpikir bahwa kamu tidak cukup baik. Tanamkan dalam dirimu bahwa kamu kuat dan mampu menghadapi semuanya. Bahwa kamu adalah seseorang yang diinginkan oleh dunia. Jangan berpikir bahwa kamu tidak berguna. Kamu hebat dan berhargaJ
Jangan pikirkan apa yang orang lain katakan tentangmu. Teruslah lakukan apapun yang membuat dirimu nyaman. Beberapa komentar negatif pernah aku hadapi bahkan disaat aku sedang patah. Aku adalah orang yang suka menulis apapun yang sedang aku rasa; sedih, kecewa,  bahagia, bahkan saat aku rindu seseorang selalu aku luapkan dalam tulisan. Beberapa tulisanku, aku unggah dalam sosial media. Banyak yang berkomentar “ah kamu ko galau mulu sih, bosen aku liatnya” beberapa berkomentar ”tulisanmu bagus, kenapa kamu ga bikin wattpad aja?”
Komentar pertama adalah yang paling membekas, hingga sampai saat ini aku tidak pernah lagi membagikan apa yang aku tulis. Tapi kawan janganlah menjadi pengecut seperti aku. Buatlah komentar negatif menjadi komentar positif. Buat komentar negatif menjadi sesuatu yang dapat membakar semangatmu untuk bangkit lagi

Konsumsi Makanan

Gambar Coklat
Sumber : Pinterest
Kamu juga bisa mengalihkan sedihmu pada makanan yang bisa membuat dirimu merasa bahagia. Apa itu? Menurutku konsumsi apa saja makanan favoritmu. Beberapa sumber mengatakan, coklat adalah makanan yang bisa dikonsumsi dikala hati sedang sendu.  Tetapi bagiku kamu bebas mengkonsumsi apa yang kamu suka. Seseorang yang ku kenal selalu minum susu cokat disaat ia sedang badmood. Yang lainnya menyantap makanan pedas, dan beberapa memilih makanan manis. Kembali lagi semua pada pribadi kalian, aku biasanya suka makan ice cream vanilla, coklat. Makanan kan sumber kekuatan, jadi kalau kamu mau kuat jangan lupa makan ya😁

Ceritakan Masalahmu 

Nah hal yang terpenting kalau kamu sedang patah dan lelah, berbagilah. Berbagi cerita kepada orang yang kamu percaya, seperti sahabat atau keluarga. Jangan memendam apa yang sedang kamu rasakan sendirian. Menceritakan apa yang kamu rasakan bukan berarti kamu lemah, berbagi dengan orang terdekat anggaplah sebagai jalan agar kamu bisa mendapatkan energimu kembali. Biasanya mereka yang menjadi tempat kita berbagi cerita akan memberikan saran yang membangun. Jadi jangan pernah ragu untuk berbagi ceritamu.
Aku pun begitu, terkadang aku berbagi kepada orang-orang yang telah ku percaya. Ya mereka adalah orang yang ku sebut sebagai support system ku. Selalu mendukung apapun keputusanku. Kamu juga pasti paham kepada siapa kamu harus berbagi. Dan bisa saja malah kamu yang menjadi support system orang lain. Untuk teman-teman diluar sana yang sedang mengemban kepercayaan seperti ini, pesanku tetaplah menjadi seperti kamu yang sekarang karena kalian adalah orang-orang hebat dan terpercaya👍👍
Tetapi beberapa orang menutup diri mereka untuk berbagai cerita, solusinya kamu bisa menulis. Menulis apapun yang kamu rasakan, jujur pada sendiri. Bila nanti tulisanmu kau baca lagi, kenang lah sebagai kenangan terindah bahwa kamu pernah melewati masa sulit seperti apa yang telah kamu tuliskan.
Jika kamu belum bisa melakukan dua hal itu, mengadulah pada Tuhanmu. Karena Ia adalah sebaik-baiknya tempat mengadu.

Bagaimanapun hidup ini harus terus kita hadapi dengan senyuman bahagia, walau terkadang sedikit terpaksa. Tidak apa, setidaknya kamu sudah berusaha. Hargai setiap langkah yang kau pijakan setiap harinya. Hargai dirimu sendiri. Bangkitlah! Hadapi! Sendu itu hanya beberapa kali saja kita bisa nikmati, sisanya pelan-pelan harus ditelan paksa. Untuk kamu, bahagiakanlah hatimu, bahagiakanlah dirimu. Berbahagialah, walaupun berdarah tetaplah melangkah😊

4 komentar:

  1. Kontennya bermanfaat sekali, saya seperti mendapatkan jalan untuk menghadapi hidup dan menatanya lebih baik lagi. Semangat juga untuk penulisnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih😊 Semangat juga untuk kamu😊😊

      Hapus
  2. Makasih kak infonya buat aku makin semangat❤️

    BalasHapus